Beranda Berita WEGI 6 : Jelajah PLTP Kamojang dan Konservasi Elang Jawa

WEGI 6 : Jelajah PLTP Kamojang dan Konservasi Elang Jawa

181
6
BERBAGI

Halo, Sobat WEGI!

Pada penghujung tahun 2016 ini Komunitas WEGI kembali mengadakan acara Jelajah Green Industry. Setelah WEGI 1-5 Sobat WEGI berkutat pada industri semen, maka pada WEGI 6 kita akan mengenal lebih dekat dengan industri yang bergerak di bidang energi. Menyebut energi, tentu sudah banyak dikupas di media maupun berbagai kanal informasi lain, bahkan Jokowi-JK menjadikan ini sebagai salah satu program unggulannya dalam Nawa Cita, yakni Kemandirian Energi.

Siapa yang tidak kenal dengan PT Pertamina (Persero). BUMN terbesar di Indonesia dan satu-satunya BUMN yang mendistribusikan BBM ke seluruh negeri. Ternyatan Pertamina juga memiliki bisnis dibidang energi terbarukan. Nah, WEGI 6 kali ini akan dilaksanakan di PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Kamojang, anak usaha PT Pertamina yang bergerak dibidang panas bumi.

Tahukah Sobat WEGI, Indonesia memiliki cadangan panas bumi yang berpotensi diubah menjadi listrik sebesar 29.000 MW atau 40% cadangan panas bumi dunia. Sayangnya baru sekitar 2.000 MW saja yang dimanfaatkan atau sekitar 8%. Padahal sekali investasi, seumur bumi listrik akan mengalir, berbeda dengan sumber energi lain.

Selain menjelajah panas bumi di PGE, Sobat WEGI juga akan diajak berkunjung ke area Konservasi Elang Jawa. Mengingat Kamojang adalah salah satu tempat yang masih ditemukan Elang Jawa, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dalam salah satu kegiatan CSR membuat Konservasi Elang Jawa terbesar di Indonesia.

Berkat sinergi antara industri dan lingkungan yang baik, termasuk implementasi CSR yang mampu memberikan kontribusi lebih, maka PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) meraih proper emas 4 kali berturu-turut. Wow!

Pada tahun 2014 hanya ada 12 perusahaan besar di Indonesia yang meraih Proper Emas dari skitar 1.500 perusahaan yang dilakukan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil menjadi salah satu diantara 12 perusahaan tersebut.

Sob, WEGI 6 akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 11-12 Nopember 2016 di Kamojang Garut. Memulai di lingkungan baru tentu pelaksanaan WEGI 6 belum bisa membawa peserta sebanyak dan seheboh WEGI 1-5. Kali ini peserta dibatasi hanya sejumlah 20 orang yang diundang oleh WEGI. Peserta terdiri dari perwakilan komunitas penggiat lingkungan dan blogger terpilih yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Sobat WEGI yang belum berkesempatan ikut ke Kamojang, jangan khawatir. WEGI menyiapkan hadiah berupa dua smartphone untuk Sobat WEGI yang ikut berinteraksi di sosial media selama acara berlangsung. Yuk, follow akun Twitter dan Instagram @komunitaswegi dan gunakan hashtag #PertaminaKamojang #EnergiBersih untuk berinteraksi. Semoga Anda beruntung.

Ikuti terus perkembangan info acara WEGI 6 di website wegi.org ya, Sob!

6 KOMENTAR

  1. Punten, Kamojang itu masih berada di Kabupaten Bandung. Untuk PT. Pertamina Geothermal Energy sendiri di Kp. Kamojang, Dusun Kamojang, Desa Laksana Kecamatan Ibun. Tks

LEAVE A REPLY