Beranda Berita Woww, Ini 7 Spot Menarik yang Akan Dikunjungi Peserta Wisata Heritage Green...

Woww, Ini 7 Spot Menarik yang Akan Dikunjungi Peserta Wisata Heritage Green Industry

55
0
BERBAGI

Menyambut HUT 106 pendirian pabrik PT Semen Padang, sebagai upaya perusahaan untuk mengetahui lebih mendalam operasional perusahaan yang menerapkan kaidah green industry, PT Semen Padang dan Semen Indonesia bekerjasama dengan komunitas WEGI mengadakan kegiatan Wisata Heritage dan industry Semen Padang. Wisata edukasi yang digelar pada Sabtu, 19 Maret 2016 akan diikuti oleh sekitar 60 peserta.

Nah, buat kamu yang ragu mau ikutan tidak, gak perlu bingung dengan manfaat mengikuti agenda ini. Berikut list spot mana aja yang nanti kita kunjungi bersama. Cekidooot…

Batik Tanah Liek

Batik Tanah Liek merupakan batik khas dari Sumatera Barat yang pewarnaannya berbahan dasar dari tanah liek (tanah liat) dan pewarna alami lainnya. Batik tanah liek Ayesa Collection merupakan salah satu Mitra Binaan CSR PT Semen Padang yang sukses menenmbus pasar international. Penggunaan bahan dasar tanah liat menjadi menarik karena jika diterapkan di seluruh industri tekstil di Indonesia tidak hanya menghemat biaya produksi tetapi juga penyelamatan lingkungan yang luar biasa.

Museum Bank Indonesia

Meseum ini terletak dikawasan kota tua Padang, Sumatera Barat yang sudah masuk daftar inventarisir cagar budaya. Bank Indonesia ini merupakan cabang Bank Indonesia ke-3 di Indonesia dan pertama diluar Pulau Jawa. Bangunan yang masih berdiri kokoh ini berarsitektur khas Belanda yang menggunakan Semen Padang dibangun pada 21 Januari 1925. Saat terjadi gempa besar 2007 bangunan tersebut masih kokoh berdiri sampai saat ini. Terletak berdampingan dengan Jembatan Siti Nurbaya yang merupakan salah satu landmark Kota Padang.

PLTA Rasak Bungo

PLTA yang berdiri pada tahun 1908 ini masih dimanfaatkan oleh PT Semen Padang sebagai salah satu sumber pembangkit listrik yang mana PLTA merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Usia PLTA yang mencapai 108 tahun menunjukkan kemampuan engineering PT Semen Padang yang mampu memodifikasi mesin dan suku cadangnya agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya meskipun sudah tidak bisa memesan suku cadang di negara pembuatnya. Selain itu penggunaan PLTA sebagai sumber energi menunjukkan PT Semen Padang adalah pioner energi terbarukan di Indonesia.

Tambang Batu Kapur PT Semen Padang

Peserta diajak melihat proses pengambilan batu kapur dengan cara blasting yang aman dan ramah lingkungan serta mekanisme pengangkutan batu kapur dari lokasi tambang ke pabrik yang tidak menggunakan truk sehingga tidak menyebabkan polusi debu/udara dan potensi kecelakaan karena adanya lalu lintas truk yang padat dari lokasi tambang ke pabrik. Pengangkutan menggunakan long belt conveyor.

Heritage Industri pabrik Indarung I

Pabrik Indarung I yang sudah berdiri sejak tahun1910 merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Disini peserta disuguhi bangunan pabrik yang masih terjaga keasliannya. Sebagian bangun pabrik masih berfungsi sampai sekarang.

Usia pabrik Indarung 1 yang mencapai 106 tahun menunjukkan kemampuan engineering PT Semen Padang yang mampu memodifikasi mesin dan suku cadangnya agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya meskipun sudah tidak bisa memesan suku cadang di negara pembuatnya.

WHRPG

Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) merupakan progam lingkungan unggulan PT Semen Padang yang telah diakui dan mendapat banyak penghargaaan salah satunya dalam ajang ASEAN Energy Award di Laos tahun 2014. WHRPG yang sudah difungsikan sejak tahun 2012 ini, terbukti dapat mengurangi Emisi CO2 keudara selain itu menghasil listrik sebesar 8,5 MW dan teknologi ini pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan NEDO (New Energy and Industrial Technology Development Organization) Jepang. PT Semen Padang merupakan industri semen yang pertama kali membangun WHRPG dan menjadi rool model / benchmarking industri semen di tanah air untuk mengimplementasikan WHRPG sebagai sumber energi bersih yang mampu menghemat biaya operasional.

Taman Reklamasi Lapangan Golf

Merupakan area lokasi bekas penambangan tanah liat yang sudah direklamasi menjadi sebuah taman dengan keragaman hayati dan dimanfaatkan sebagai sarana olahraga berupa lapangan golf disini peserta diajak untuk melihat sunset Kota Padang dari Bukit sambil bermain Golf. Konsep reklamasi seperti ini tentu menarik karena selama ini konsep reklamasi dianalogikan dengan penanaman kembali. Konsep reklamasi yang memadukan antara olah raga dan wisata akan memberikan nilai tambah yang lebih tinggi terhadap suatu daerah yang merupakan bekas tambang.

Informasi tambahan :

Sehari sebelumnya sebagai apresiasi terhadap 5 blogger Nasional yang memenangkan kontes menulis mengenai PT Semen Padang dan aktivitasnya akan mengikuti kunjungan wisata di Bukittinggi. Setelah itu bersama dengan peserta yang hanya mengikuti kegiatan tanggal 19 bersama-sama akan mengunjungi lokasi di atas.

Bagi anda yang tidak mengikuti kontes dapat mengikuti kegiatan 19 Maret 2016 dengan mendaftar pada link dibawah selama kuota tersedia.

Pendaftaran WEGI 5

LEAVE A REPLY