Beranda Agenda Sambut WEGI 4, tim We Green Industry Gelar Pre Event di Bekasi

Sambut WEGI 4, tim We Green Industry Gelar Pre Event di Bekasi

24
1
BERBAGI

Menyongsong WEGI 4, Jumat sore (30/10) anggota tim komunitas We Green Industry mengadakan sosialisasi program kepada perwakilan-perwakilan beberapa komunitas di Jabodetabek. dan Karawang.

Acara yang bertempat di kafe Excelco Summerecon Bekasi berlangsung sederhana  yang dihadiri komunitas Pemulung dari Tangerang, Cinta Baca Bogor, KAMMI Karawang, Asosiasi Tukang Bangunan Indonesia, Media Online Beritacsr.net dan PGRI. 2 orang dari Kawarang Peduli yang rencananya datang mendadak berhalangan.

Meski sederhana, sosialisasi dan diskusi berjalan guyup. Beberapa komunitas hadir lebih dari 1 orang sehingga diskusi berjalan seru dan sangat dinamis.Satu persatu perwakilan menyampaikan profile dan kegiatan komunitas masing-masing, bagi komunitas yang hadir bersama rekannya, mereka saling mengisi dalam cerita sehingga informasi yang disampaikan menjadi komplit dan menarik. Salah satu topik menarik tatkala Lukman (dari PGRI) menceritakan betapa sulitnya mengajak anak-anak pemulung mendapatkan hak pendidikan. “Banyak orang tua keberatan karena takut anaknya tak sadar membongkar kondisi sebenarnya dari kelompok pemulung”.

Menutup sharing dan diskusi, Arief Hermawan, selaku ‘tuan rumah’ mengharap peran aktif  peserta di masyarakat setelah mengikuti acara WEGI 4.

“Kami persilakan peserta melihat bagaimana perusahaan kami menjadikan kontribusi pada lingkungan dan sosail masyarakat sebagai bagian investasi perusahaan untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan”, kata Arief. Semen Indonesia telah menerapkan kaidah green industry sejak dari proses hulu bagaimana menambang yang tidak merusak alam kemudian melakukan reklamasi sehingga cadangan air tanah menjadi meningkat. Dalam proses produksi perusahaan menggunakan limbah sebagai salah satu bahan baku yang tidak hanya mengurangi penggunaan SDA namun juga menjadi solusi bagi pengolahan limbah seperti penggunaan fly ash, paper sludge, cupper slag dll. “Yang menarik adalah perusahaan berpikiran kedepan dengan menciptakan produk turunan (hilir) dari semen yaitu Porous Concrete yang diharapkan menjadi solusi perkotaan dengan menggantikan sumur biopori. Penggunaan Porous Concrete di jalan pemukiman, gang, pedestarian dan taman akan mempercepat aliran air ke dalam tanah.  Nantinya anda harus punya kesungguhan dan kepedulian dalam menerapkan kaidah dan standar ramah lingkungan di daerah masing-masing.” Ujar bapak 3 anak tersebut.

Diinfokan sebelumnya. kegiatan We Green Industry (WeGI), yang diinisiasi oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, akan kembali diadakan untuk ke-4 kalinya pada tanggal 21 November 2015 di Gresik dan Tuban. Kegiatan ini dalam rangka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berbagi pengalaman dalam mengelola lingkungan dan sosial masyarakat dalam mengimplementasikan komitmen Triple Bottom Line (Profit, Planet dan People), sekaligus masukan berdasarkan pengalaman komunitas dalam melaksanakan program sejenis. Selanjutnya direncanakan akan disapa pula komunitas yang ada di daerah lain, jadi tunggu komunitas di daerah Anda untuk didatangi panitia WeGI 4 atau Anda dapat berinisiatif untuk menghubungi panitia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sejak dilaksanakan pertama kali sampai yang ke-3 tercatat sudah sekitar 400 penggiat media sosial/blogger dan komunitas yang ikut acara tersebut. Untuk menggelorakan semangat green industry yang lebih luas, alumni “WeGI” telah membentuk Komunitas Green Industry yang nantinya akan bekerja sama dengan semua perusahaan, yang pada tahap awal akan fokus mendorong perusahaan yang menggunakan SDA sebagai bahan baku untuk senantiasa menjaga lingkungan. Dengan berdirinya Komunitas WGI tersebut, diharapkan dimasa mendatang kegiatan seperti ini dilaksanakan pula di perusahaan lain. Bahkan untuk memulai edukasi, komunitas WGI sudah membuat fanspage www.facebook.com/wegreenindustry, akun twitter @wegi (ns)

1 KOMENTAR

  1. Saya sudah mendapat undangan untuk berpartisipasi di tgl 28 Nopember,
    sangat antusias untuk bisa menjadi bagian dari penggiat lingkungan,
    semoga bisa mengambil manfaat untuk bisa di bagi setelah gabung di Wegi4…

LEAVE A REPLY